Assalamu’alaikum Wr Wb
Salam sejahtera untuk kita semua…
Salam Entrepreneur…

Fakultas Ilmu Komunikasi (FIKOM) merupakan salah satu Unit Pengelola Universitas Sumatera Selatan (USS). Visi Fakultas Ilmu Komunikasi ialah turunan dari visi besar Universitas Sumatera Selatan, berbunyi: “Menjadi Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Sumatera Selatan yang Unggul dalam Pelaksanaan Pendidikan, Penelitian, dan Pengabdian serta berjiwa Entrepreuneur pada Tahun 2030.”

Pada era revolusi informasi dan komunikasi yang serba cepat, serba terhubung, dan serba ada (informasi) ini, Fakultas Ilmu Komunikasi mempunyai peluang besar untuk mewarnai percaturan dunia komunikasi saat ini. Ilmu Komunikasi memiliki masa depan yang sangat cerah, terlebih Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Sumatera Selatan yang memiliki memiliki keunggulan berkonsep Mandiri dan Berjiwa Entreprenuer. Selama masih ada manusia, Ilmu Komunikasi masih dibutuhkan. Apalagi bila manusia makin banyak, teknologi makin canggih, tentu Ilmu Komunikasi makin diperlukan untuk menunjukkan kompetensi dan eksistensi Sumber Daya Manusia (SDM) di tengah percaturan dunia.

Prospek lulusan Fakultas Ilmu Komunikasi sangat luas. Bukan sekadar menjadi tenaga kerja (SDM) yang andal dan kompeten, tetapi lulusan Fakultas Ilmu Komunikasi juga dapat menciptakan lapangan kerja sendiri baik membuka peluang usaha rintisan baru (start-up) maupun menjadi business owner. Lulusan Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Sumatera Selatan juga didesain dapat mandiri dan berjiwa entrepreneur.

Lapangan kerja atau usaha Fakultas Ilmu Komunikasi sangat luas, antara lain Komunikasi Bisnis, Marketing, Bisnis Media, Public Relation (PR)/Hubungan Masyarakat (Humas), Protokoler, Sekretaris, Wisata, Travel Blogger, Presenter, Wartawan/Jurnalis, Fotografer, Editor, Periklanan/Advertising, Youtuber, Medsos, Redaktur, Kameramen, Sutradara, Creative Director, Penyiar Radio, Master of Ceremonies (MC), Produser, Pengusaha, Analis, Desainer Grafis, Web Desainer, Reporter, Event Organizer (EO), Program Director, Copywriter, Juru Bicara, Dosen. Masih banyak lagi prospek lulusan Fakultas Ilmu Komunikasi, seperti menjadi juru bicara, konsultan media, konsultan pejabat public, surveyor, dan lain-lain.

Berbagai media dan instansi membutuhkan lulusan Fakultas Ilmu Komunikasi. Media yang membutuhkan lulusan Fakultas Ilmu Komunikasi ialah Lembaga-lembaga Corporate Communication (Komunikasi Corporate, Perusahaan), Komunikasi Bisnis, hingga perusahaan industri media, yang kini sebagian juga sudah menjadi industri. Bentuk perusahaan media beragam, baik berupa media-media mainstream maupun media sosial. Media mainstream antara lain: televisi, radio, koran, majalah, media siber, media online, media konvergensi, hingga media-media resmi swasta dan pemerintah, termasuk BUMN dan BUMD. Selain itu, lembaga-lembaga pemerintah, perusahaan, perbankan, rumah sakit, lembaga-lembaga non-pemerintah, institusi politik, bahkan lembaga non-profit juga membutuhkan keahlian lulusan Fakultas Ilmu Komunikasi. Makin berkembang kebutuhan dan tuntutan dunia, maka kebutuhan akan lulusan Fakultas Ilmu Komunikasi baik bidang keahlian Komunikasi Bisnis, Jurnalistik, Bisnis Media, Periklanan, Marketing, Advertising, hingga Komunikasi Politik, makin banyak dan variatif.

Untuk mewujudkan visi besar Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Sumatera Selatan, Fakultas Ilmu Komunikasi telah merumuskan beberapa point penting misi dan tujuan Fakultas Ilmu Komunikasi. Beberapa misi Fakultas Ilmu Komunikasi tersebut antara lain: (1) Menyelenggarakan pendidikan tinggi yang bermutu di bidang Ilmu Komunikasi untuk menghasilkan lulusan yang yang memiliki kompetensi tinggi dan mampu berwirausaha yang memiliki nilai-nilai luhur yang berlandaskan pada pancasila dan UUD 1945; (2) Menyelenggarakan kegiatan penelitian di bidang Ilmu Komunikasi yang produktif dan inovatif untuk pengembangan ilmu pengetahuan teknologi yang bermanfaat bagi masyarakat. (3) Menyelenggarakan kegiatan pengabdian kepada masyarakat di bidang Ilmu Komunikasi yang berorientasi pada hilirisasi hasil hasil penelitian yang berguna bagi masyarakat.

Selanjutnya, misi Fakultas Ilmu Komunikasi ialah (4) Mengembangkan publikasi ilmiah di bidang Ilmu Komunikasi yang bereputasi nasional dan internasional untuk pengembangan mutu dan reputasi penyelenggaraan Pendidikan; (5) Meningkatkan kualitas manajemen, kelembagaan dan sumber daya manusia bidang Ilmu Komunikasi dalam rangka mewujudkan tata kelola perguruan tinggi yang baik berlandaskan entrepreuner university; dan (6) Meningkatkan kemitraan di bidang Ilmu Komunikasi dengan industri, perguruan tinggi, lembaga pemerintah dan lembaga lainnya.

Kemudian, Fakultas Ilmu Komunikasi, Universitas Sumatera Selatan mempunyai tujuan, yaitu : (1) Menghasilkan lulusan Fakultas Ilmu Komunikasi yang memiliki kompetensi unggul dan memiliki jiwa entrepreuner berlandaskan pancasila dan UUD 1945; (2) Menghasilkan karya penelitian di bidang Ilmu Komunikasi yang produktif dan inovatif untuk pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi dan bermanfaat bagi masyarakat; (3) Menghasilkan karya pengabdian kepada masyarakat di bidang Ilmu Komunikasi yang dapat dihilirisasi dalam rangka penyelesaian permasalahan nyata serta mendorong kesejahteraan masyarakat; (4) Menghasilkan publikasi ilmiah di bidang Ilmu Komunikasi yang bereputasi nasional dan internasional untuk pengembangan mutu dan reputasi penyelenggaraan pendidikan.

Selanjutnya, tujuan Fakultas Ilmu Komunikasi ialah (5) Menghasilkan penyelenggaraan Pendidikan Tinggi dengan tata kelola yang bermutu di bidang Ilmu Komunikasi dalam penyelenggaraan entrepreuner university; (6) Menghasilkan link and match di bidang Ilmu Komunikasi dalam penyelenggaraan Tri Dharma Perguruan Tinggi dengan Industri, lembaga Pemerintah dan lembaga swasta lainnya.

Untuk sasaran Fakultas Ilmu Komunikasi, Universitas Sumatera Selatan, ialah (1) Tercapainya mutu lulusan Fakultas Ilmu Komunikasi yang memiliki kompetensi tinggi dan berjiwa entrereuner berlandaskan Pancasila dan UUD 1945; (2) Tercapainya hasil-hasil penelitian bidang Ilmu Komunikasi yang bermutu dan dapat dihilirisasi untuk mendorong kesejahteraan masyarakat; (3) Tercapainya hasil pengabdian kepada masyarakat yang bermutu di bidang Ilmu Komunikasi yang mampu menyelesaian permasalahan di masyarakat berbasis entrepreneurship; (4) Tercapainya publikasi ilmiah di bidang Ilmu Komunikasi yang bermutu dan mendorong reputasi Perguruan Tinggi ditingkat nasional dan internasional; (5) Tercapainya kinerja Fakultas Ilmu Komunikasi yang bersesuaian dengan institusi entrepreuner university yang unggul dengan tata kelola yang bermutu dan berkelanjutan; dan (6) Tercapainya Link and Match Fakultas Ilmu Komunikasi dalam penyelenggaraan Tri Dharma Perguruan Tinggi dengan Industri, Lembaga Pemerintah, dan Lembaga swasta lainnya.

Guna merealisasikan Visi, Misi, dan Sasaran Utama Fakultas Ilmu Komunikasi, Universitas Sumatera Selatan, dalam mengembangkan Entrepreuner University dibutuhkan strategi. Beberapa strategi Fakultas Ilmu Komunikasi ialah (1) Mengembangkan simtem pembelajaran di Fakultas Ilmu Komunikasi yang menekankan pada penguasaan ilmu pengetahuan dan teknologi serta penguasaan entrepreunership; (2) Mengembangkan Penelitian Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat di bidang Ilmu Komunikasi yang Produktif berdasarkan kebutuhan di masyarakat; (3) Mengembangkan program kemitraan di bidang Ilmu Komunikasi dengan industri, lembaga pemerintah, dan lembaga swasta lainnya; (4) Mengembangkan peran serta alumni Fakultas Ilmu Komunikasi dan stakeholder lainnya dalam membangun income generating; (5) Optimalisasi penggunaan sarana dan prasarana pendidikan Fakultas Ilmu Komunikasi sebagai langkah efisiensi anggaran dan produktivitas; dan (6) Membangun tata kelola Fakultas Ilmu Komunikasi yang bersesuaian dengan institusi bercirikan Entrepreuner University unggul dan yang bermutu.

Demikian sambutan Dekan Fakultas Ilmu Komunikasi, Universitas Sumatera Selatan ini disampaikan untuk memberikan gambaran umum profil Fakultas Ilmu Komunikasi, Universitas Sumatera Selatan bagi civitas akademika, mahasiswa, orang tua, stakeholder, dan dunia Pendidikan. Semoga konsep visi, misi, tujuan, sasaran, dan strategi Fakultas Ilmu Komunikasi, Universitas Sumatera Selatan, mempunyai manfaat yang besar bagi mahasiswa, masyarakat, bangsa, dan negara, khususnya bagi lulusan, mitra/stakeholder, bahkan bagi dunia Pendidikan secara luas. Terima kasih.

Wassalamu’alaikum Wr Wb
Salam sejahtera…
Salam Entrepreneur…

Dekan Fakultas Ilmu Komunikasi

Ttd

Agus Srimudin, S.Pd.I., M.I.Kom
NIDN : 0201088002